Sunday 8 June 2014

Gita DRW

Malam Minggu Miko

Teks yang akan dinilai kali ini adalah Malam Minggu Miko yang berjudul “Hipnotis Vania”. Menurut saya teks ini memiliki unsur-unsur yang lengkap. Dimulai dari abstrak yang bermula ketika awal mula cerita sampai dengan Miko akan makan bersama Vania. Kemudian dilanjutkan dengan orientasi yang dimulai dari Miko akan makan bersama Vania sampai Miko akan membayar makanan. Selanjutnya sudah mulai naik ke krisis ketika Miko pergi ke ATM dan bertemu tukang hipnotis. Reaksi dari krisis tersebut berada ketika pundak Miko ditepuk oleh tukang hipnotis dan Miko menepuk balik pundak si tukang hipnotis kemudian tukang hipnotis berada di rumahnya. Lalu koda dimulai ketika Miko sampai di rumah melihat Rian dan mas Anca sedang duduk di kursi sambil bengong karena sudah dihipnotis oleh tukang hipnotis.
Menurut saya, kelebihan dari teks tersebut adalah memiliki banyak kelucuan. Bagian yang menurut saya lucu adalah ketika Miko ke ATM kemudian tukang hipnotis menepuk pundak Miko dan Miko menepuk balik pundak tukang hipnotis tetapi bukan Miko yang terhipnotis melainkan tukang hipnotis itu sendiri

Teks ini baik karena memiliki kelengkapan struktur yang terdiri dari abstrak,orientasi,krisis,reaksi, dan koda. Kritikan yang bisa kita petik dari teks ini yaitu pemerintah yang seringkali membohongi rakyat dengan janji-janji palsunya. Selain itu, banyak unsur kelucuan yang bisa kita temukan dalam teks ini.

19/02/2014

No comments:

Post a Comment