Monday 10 February 2014

Debora Anggia Pramesti

Mendeskripsikan teks Malam Minggu Miko

Tokoh dalam Hipnotis Vania:
1. Miko
2. Vania
3. Pembantunya miko (Anca)
4. Penghipnotis
5. Pelayan
6. Teman miko (Danny)
7. Ryan


         Menurut saya, teks dalam malam minggu miko sudah lengkap, karena sudah ada struktur anekdot yaitu JUDUL, dalam malam minggu miko terdapat judul yaitu "hipnotis Vania". Di dalam malam minggu Miko juga terdapat ABSTRAK, abstrak tersebut dimulai dari awal sampai Vania tersebut mengajak Miko makan. Pada malam minggu Miko juga terdapat ORIENTASI yang terdapat dari memesan makanan sampai Miko diminta bayar makanan. Di dalam malam minggu Miko juga terdapat KRISIS, di mulai dari Miko menepuk pundak si penghipnotis sampai si penghipnotis pulang ke rumah. Di dalam malam minggu Miko juga terdapat KODA yang terdapat pada akhir cerita yaitu saat Anca (pembantu Miko) dan Ryan terdiam tanpa pemikiran di rumah.


           Menurut saya, teks pada malam minggu Miko memiliki kelebihan yang berupa kelucuan. Menurut saya unsur dari kelucuan tersebut pada saat Miko bertemu dengan teman SMP yang bernama Danny di restaurant, pada saat itu Danny menepuk pundak Miko yang bermaksud untuk salam bertemu/pemisahan dan pada saat itu Miko juga membalas tepukan itu kepada temannya. Saat itu pelayan pun datang memberikan bill agar Miko segera membayar makanan yang telah mereka santap. Saat itu Miko merasa tidak mempunyai uang untuk membayar makanan itu, dan Miko pun segera ke ATM untuk mengambil uang. Pada saat Miko sampai di ATM datanglah si penghipnotis tersebut dan memulai untuk mengintai Miko. Setelah Miko keluar dari ATM penghipnotis tersebut mulai beraksi untuk menghipnotis Miko. Saat itu pun si penghipnotis mendekat kepada Miko dan segera untuk menepuk pundak Miko, tetapi saat itu terbalik dan Miko menepuk pundak si penghipnotis dan penghipnotis tersebut terhipnotis sampai si penghipnotis pulang kerumah.


           Menurut saya teks tersebut berkualitas baik karena, dalam teks tersebut terdapat struktur yang lengkap dari judul sampai dengan koda yang sangat jelas dan sangat mudah untuk dipahami.

1 comment: